Rabu, 08 Mei 2013

refleksi kuliah powermathematics.blogspot.com

Elegi Ritual Ikhlas 38 : Menggapai Pikiran Ikhlas 

Ass wr wb,
Perilaku tidak baik di asumsikan sebagai fakta semakin lunturnya nilai-nilai luhur kemanusiaan; seperti ikhlas,jujur, adil, kepedulian dan seterusnya nilai-nilai baik manusia. 
Nilai-nilai luhur kemanusiaan dipahami sebagai “anugerah bawaan atau bakat sejak lahir” yang dimiliki semua manusia. Dari fakta ini dapat dikatakan nilai-nilai luhur adalah nilai-nilai spritual yang diberikan oleh sang pencipta kepada manusia berupa sifat-sifat baik yang memiliki kesamaan dengan sifat-sifat Tuhan tetapi berbeda dalam derajat. Misal; manusia memiliki sifat adil karena Tuhan memiliki sifat Maha Adil, manusia memiliki sifat ikhlas karena Tuhan Maha Ikhlas.
Sikap dan perilaku adalah hasil dari suatu tindakan manusia yang berhubungan dengan stimulus lingkungan sekitar yang di hadapinya. Sikap prilaku adalah hasil dari suatu pilihan manusia baik sadar maupun tidak untuk memberikan respons atau tanggapan terhadap rangsangan atau stimulus yang ditemuinya.
Jiwa adalah cerminan dari hati dan raga adalah cerminan dari pikiran. Jiwa sangat dipengaruhi oleh suara hati dan raga dipengaruhi oleh pikiran. Hati dikenal dengan istilah suara hati, fungsi hati adalah sebagai pembeda baik dan buruk, bekerja di dalam memberikan penilaian benar dan salah. Sedangkan fungsi pikiran adalah pembeda untung dan rugi, bekerja di dalam memberikan penjelasan. Hati selalu berfokus pada tujuan, sedangkan pikiran berfokus pada cara mencapai tujuan. Kekuatan suara hati berkaitan dengan kecerdasan spritual (SQ), sedangkan kekuatan pikiran berkaitan dengan kecerdasan intelektual (IQ). Kecerdasan emosional (EQ) adalah bagaimana IQ dan SQ bersinergi memberikan respons atas stimulus yang diterima (Goleman : 2003).
Prinsip abadi adalah prinsip yang mengikuti hukum alam (covey; 1997), kaum muslim mengenalnya dengan istilah “sunnatullah”, atau orang Melayu menyebutnya hukum karma. Hukum alam adalah berlaku tanpa peduli, tidak berubah, suatu proses yang menuju pada hasil. Prinsip abadi adalah hukum alam yang memotivasi, optimistik, holistik, dan sesuatu yang menjelaskan memberikan pemahaman yang mendalam untuk membangun kekuatan keyakinan, sehingga melahirkan tindakan yang bermakna – Memberdayakan dan menginspirasi. Prinsip Abadi adalah pedoman di dalam mengaktualkan Nilai-nilai Luhur/spritual, suatu pedoman abadi di dalam melakukan proses pembelajaran kritis.
Prinsip abadi mengikuti hukum alam adalah suatu kerangka berpikir untuk menemukan kebenaran berdasarkan fakta-fakta alam yang tak terbantahkan dan dijadikan pedoman untuk melakukan tindakan yang bermakna. Dikatakan bermakna karena memahami dengan benar apa yang dihasilkan dari suatu tindakan yang dilakukan termasuk dengan mengabaikannya. Suatu pilihan bertanggungjawab karena memahami secara logis segala konsekuensi yang dihasilkan.
Wass wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar