Rabu, 08 Mei 2013

Refleksi Elegi Ritual Ikhlas 39: Menggapai Sepi

Ass wr wb,
Tempat Apa Yang Ramai Tapi Sepi Sekali ??
Mushola, surau, Masjid hampir bertebaran di segenap penjuru negeri. Berlomba-lomba membangun dan memperindah. Segala upaya dilakukan dalam mengumpulkan dana dan penyelesaiannya. Ketika tiba waktu sholat, suara adzan berkumandang saling bersautan. Ketika suara adzan terhenti, betapa sedihnya ternyata yang berjamaah satu shaf sering kali tidak penuh. kemana orang-orang. Betapa kita sering kali berlomba membangun dan memperindah Masjid, tetapi kita lupa bagaimana berlomba mengisi dan memakmurkan masjid dengan sholat berjamaah
Banyak sekali buku-buku, ceramah yang mengetengahkan pentingnya sholat berjamaah. bukankan telah dijanjikan pahala berlipat dan banyak kebaikan dan manfaat dari sholat berjamaah. Setiap langkah kita berangkat sholat berjamaah ke Masjid, maka dosa kita dihapuskan. Rosululloh SAW pernah menyuruh orang buta tetap menjalankan sholat berjamaah. Seandainya sholat berjamaah lima waktu ramainya seperti sholat jumat, betapa indahnya. kehidupan ini Umat Islam pasti bangkit melesat. Manfaat rohani, jasmani maupun sosial akan terbangun.
Wahai ramai, sebenar-benar sepi adalah doa-doamu tanpa keakuanmu. Sebenar-benar sepi adalah doa-doaku tanpa keakuanku. Tangisanmu itulah kecerdasan hatimu. Maka marilah kita berdoa kepada Tuhan.
Mencari solusi memakmurkan masjid, dimulai dari setiap pribadi. terutama pemimpin keluarga. sesulit apapun kondisi dan sesibuk aktivitas kita, mari mencoba perlahan membangun kebiasaan sholeh ini. Berjamaah lima waktu di Masjid. Insya Alloh, tanpa disuruh anak-anak kita akan mengikuti jejak orang tuanya. Membangun proses kebiasaan sholeh ini bukan hal yang sederhana. memerlukan kesabaran dalam menghadapi ujian. Apakah kita membiarkan anak-anak kita berlama-lama di depan layar TV, layar monitor?. tidak bergeming ketika mendengar suara adzan?. kalau kita menghitung, berapa jam dalam sehari keluarga kita dijejali dengan acara TV yang mungkin banyak tidak bermanfaatnya. Berapa menit anak kita membuka lembaran Al Qur’an dalam sehari.
Berangkat dari ke-sholehan keluarga kecil, InsyaAlloh upaya untuk memakmurkan Masjid dengan berjamaah lima waktu dimanapun kita berada, akan terwujud. amin. Atau kita membiarkan kesepian semakin menjalar di setiap Rumah Allah. Jangan sampainya lagu Iwan Fals benar-benar nyata, yaitu Adzan yang di kasetkan sementara manusianya tetap berselimut kemalasan. Semoga Allah SWT senantiansa membuka pintu hati kita, keluarga kita dan lingkungan kita. amin
Wass wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar