Selasa, 28 Mei 2013

REFLEKSI HARI INI, RABU 29 MEI 2013

Hari ini saya belajar bahwa manusia beranekaragam. Jujur ternyata berat menerima kenyataan bahwa teman yang kita kagumi menyakiti kita dengan kekurangannya. Menerima kekurangan orang lain lebih berat daripada menerima kelebihannya. Penyakit iri dengki karena keberhasilan orang lain, ternyata lebih mudah ditaklukan daripada menerima kekurangan teman. 
Saya belajar ilmu baru, hari ini saya marah, emosi, kecewa, sedih berbaur menjadi satu. mudah-mudahan kedewasaan dan kebijaksanaan yang kita idolakan berproses dalam keseharian kita. Hanya saya bingung antara harus "DIAM" membiarkan dan mendengarkan saja, atau harus ikut dalam carut marut situasi emosi orang perorang ? Bagaimana untuk bijaksana dalam situasi seperti ini ? Bingung ?!?

Menurut kamus, arti dari kata bijaksana adalah bertindak sesuai dengan pikiran, akal sehat sehingga menghasilkan perilaku yang tepat, sesuai dan pas. 
Bijaksana itu adalah sebuah penilaian terhadap suatu pemikiran, ucapan dan perbuatan seseorang yg didasarkan pada ruang lingkup sekitarnya dengan tidak memaksakan kehendak pd apa dan siapapun berdasarkan etika dan hati. Sehingga keberadaannya menimbulkan rasa tepa salira thd sesama.
Benar adalah sesuatu hal yg sdh diuji dan diterapkan hasilnya berdasarkan logika sehingga menimbulkan sebuah keegoisan (misal: klo berjalan menggunakan kaki dll).

Perpaduan antara benar dan bijaksana, itu lbh baik krn keduanya akan saling mendukung.
Trus saya harus bagaimana Mbah GooGle???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar